Sabtu, 02 Maret 2013

Kembali Taklukkan Barca, Madrid Hidupkan Asa

Sergio Ramos melakukan selebrasi golnya
MADRID - Real Madrid lagi-lagi berhasil mematahkan dominasi Barcelona pada musim ini. Lewat El clasico edisi ke-223 ini, Los Blancos sukses mengandaskan perlawanan Barca dengan skor 2-1.

Hasil yang membuat Madrid mencoba menciptakan asa untuk bisa mengejar poin Barca di puncak La Liga. Pasalnya masih ada 12 partai lagi dan tambahan tiga poin, praktis membuat Madrid kini hanya tertinggal 13 poin saja dari Los Cules.

Jalannya Pertandingan
Karim Benzema sempat membuat gol cepat pada menit keenam setelah menerima umpan Alvaro Morata, tapi sayang menit ke-18 Lionel Messi mencetak gol balasan. Pada babak kedua, Madrid menambah gol lewat sundulan Sergio Ramos pada menit ke-82. Skor 2-1 untuk El Real bertahan hingga pertandingan usai.

Babak Pertama
Madrid yang bertindak sebagai tuan rumah tampil berbeda saat menjamu Barca kali ini. Pelatih Jose Mourinho nyaris mengubah komposisi line up-nya. Dia mencadangkan Cristiano Ronaldo dan Mesut Ozil pada laga ini.

Sementara di kubu Barca, asisten pelatih Jordi Roura mencadangkan Carlos Puyol serta menggantikannya dengan Javier Mascherano. Sedangkan di lini tengah, Barca kehilangan Xavi Hernandez yang harus absen karena cedera hamstring.

Pada awal laga, Barca mencoba mengambil inisiatif pertandingan lewat permainan tiki taka-nya. Sementara Madrid yang tampil tanpa tim utamnya lebih sabar menunggu bola, sambil berharap bisa melakukan serangan balik.

Alhasil isi Santiago Bernabeu bersorak lebih cepat, ketika pada menit keenam Karim Benzema membuka skor di laga ini. Kesuksesan Benzema mencetak gol, tak lepas dari kecerdikannya memanfaatkan crossing dari Alvaro Morata. Madrid sementara unggul 1-0 atas Barca.

Barca mencoba menciptakan serangan, dan hasilnya pada menit ke-17 Lionel Messi mencetak gol balasan pada menit ke-18. Lolos dari jebakan offside, Messi menerima umpan terobosan dari Dani Alves di sisi kanan. Tanpa kesulitan penyerang Internasional Argentina itu menaklukan Diego Lopez yang sekaligus mengubah keadaan menjadi 1-1.

Gol balasan Messi ini terasa spesial, karena dengan begitu, dia telah menyamai rekor legenda El Real, Alfredo Di Stefano, yang sama-sama mencetak 18 gol, terbanyak di laga bertajuk El Clasico ini.

Tim tamu kembali menguasai jalannya pertandingan, dan mencoba menari keluar para pemain El Realdari sarangnya. Pada menit ke-32 percobaan cukup berhasil, Villa berusaha menerobos pertahanan tuan rumah dan memberikan umpan kepada Messi. Tapi sayang sepakan kaki kanan pemain berjuluk La Pulgaitu masih terlalu lemah. Skor masih 1-1.

Madrid bukan tanpa peluang, pada menit ke-39 bahkan tuan rumah nyaris unggul. Umpan crossing dari sayap kanan yang dilepaskan oleh Luka Modric disambut oleh Morata yang berada di sisi kiri. Namun sayang tandukannya itu masih melenceng di sebelah kanan gawang Victor Valdes.

Babak kedua:
Memasuki interval kedua, Mourinho mencoba menambah daya dobrak dengan menurunkan Ronaldo dan mengganti Benzema pada menit ke-57. Sementara Kaka diganti Sami Khedira.

Pada babak kedua ini, pertandingan mulai memanas. Beberapa bentrokan antar kedua kubu, membuat wasit lebih sering meniupkan peluitnya. Bahkan empat kartu kuning sudah dikeluarkan dari saku Miguel Perez.

Menit ke-65, Ronaldo mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Sayang meski menemui sasaran tendangannya, tapi masih mampu digagalkan Valdes. Sehingga hanya bisa menghasilkan sepak pojok bagi Madrid.

Madrid kembali nyaris unggul. Simone Pepe memberikan umpan terobosan ke Morata. Namun sayang tendangan dari pemain berusia 20 tahun itu, masih mengenai badan Valdes dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Namun kali ini upaya Madrid membuahkan hasil. Berawal dari sepak pojok Modric, Ramos menyantap bola dengan sundulannya tanpa mampu dihalau Valdes. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Madrid.

Ronaldo mendapatkan peluang melalui tendangan bebas di dekat kotak penalti Barca, setelah Morata dilanggar. Ronaldo coba mengeksekusi, namun tendangannya masih membentur sudut tiang Valdes, yang terlihat hanya bengong.

Menjelang pertandingan berakhir, permainan keras menjurus kasar ditunjukkan oleh kedua kubu. Namun terlepas dari itu, Madrid bisa mengamankan keunggulan mereka hingga babak kedua berakhir. Skor 2-1 untuk kemenangan Los Blancos.

Dengan tambahan poin penuh yang diraih Madrid, maka pasukan Mourinho tertinggal 13 poin dari Barca yang saat ini masih perkasa di tahta La Liga dengan koleksi 68 poin.

Susunan Pemain:
Madrid :25. Diego Lopez, 4. Ramos, 3. Pepe, 5. Coentrao (Arbeloa 68’), 2. Varane, 8. Kaká (Khedira 57’), 19. Modric, 15. Essien, 21. Callejón, 9. Benzema (Ronaldo 57’), 29. Morata

Barca: 1. Valdés, 2. Dani Alves, 3. Piqué, 18. Jordi Alba, 14. J. Mascherano, 8. Iniesta, 16. Busquets, 11. Thiago Alcântara (Tello 85’), 10. L. Messi, 7. David Villa (Sanchez 67’), 17. Pedro (Adriano 77’)
sumber:okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar